Akar Penyebab Penundaan

 

 

 

 

kuliah malamMengapa kita sebagai manusia sering berperilaku dengan cara yang sebenarnya tidak kita inginkan? Seberapa sering Anda mengatakan atau melakukan sesuatu hanya untuk merasa ngeri memikirkannya setelah itu? Yang benar adalah bahwa perilaku Anda sebagian besar didorong oleh pikiran bawah sadar Anda, terutama perilaku yang sulit dijelaskan dari sudut pandang intelektual. Penundaan adalah mengetahui apa yang harus dilakukan, memiliki kemampuan dan keinginan untuk melakukannya, tetapi Anda tetap tidak melakukannya. Meskipun ada banyak penyebab penundaan, akar penyebab dari perilaku tidak logis ini berada dalam pikiran bawah sadar Anda.

Pikiran sadar Anda sangat terbatas kemampuannya untuk menghadapi kehidupan. Apa yang Anda kendalikan secara sadar sebagian besar terbatas pada satu hal pada satu waktu. Inilah sebabnya mengapa menggunakan kemauan Anda untuk membuat perubahan nyata jarang berhasil dalam jangka panjang. Apa yang perlu Anda lakukan adalah mengubah perilaku otomatis Anda yang berada di alam bawah sadar Anda, bagian dari diri Anda yang mengontrol semua fungsi vital dari pikiran dan tubuh Anda. Anda dapat mencoba dan mengatasi penundaan dengan menggunakan kemauan keras tetapi biasanya itu hanya perubahan jangka pendek. Penyebab penundaan bukanlah tindakan sadar Anda, tetapi asosiasi bawah sadar Anda yang sebagian besar bertanggung jawab atas perilaku Anda.

Sistem saraf Anda dirancang untuk melindungi Anda dan ketika rasa takut muncul dengan sendirinya, sistem saraf Anda, melalui kerja alam bawah sadar Anda, akan “menendang” untuk “melindungi Anda. Ironisnya, secara tidak sadar kita melatih diri kita sendiri untuk takut pada hal-hal tertentu dengan membuat asosiasi yang salah tentang maknanya. Tidak ada dalam hidup yang memiliki makna selain makna yang Anda berikan. Anda benar-benar membuat tautan neurologis ke pengalaman yang “disimpan” di sistem saraf Anda sehingga Anda dapat bertindak cepat dan sesuai di lain waktu. Setiap kali sesuatu terjadi pada Anda, Anda memberikan maknanya dengan cara Anda mengkomunikasikan pengalaman itu kepada diri Anda sendiri. Secara tidak sadar Anda selalu mencoba untuk menetapkan makna dan pada tingkat yang paling dasar Anda mencoba untuk menetapkan apakah sesuatu itu berarti sakit atau senang. Makna ini kemudian disimpan dalam pikiran bawah sadar Anda yang akan membantu Anda bertindak (atau bertindak kembali) dengan tepat di masa depan. Tantangannya adalah ketika asosiasi diperkuat, Anda membangun keyakinan yang akan sangat memengaruhi perilaku Anda dan sering kali menjadi penyebab penundaan.

Meskipun penundaan tidak masuk akal secara intelektual, hal itu sebenarnya mengungkapkan banyak hal tentang ketidaksadaran Anda dan keterbatasan dan (dalam) kemampuan Anda sendiri. Penyebab utama penundaan adalah rasa takut, dan lebih khusus lagi ketakutan Anda bahwa mengambil tindakan akan menyebabkan rasa sakit atau semacam pengalaman menyakitkan. Pada tingkat tertentu, pikiran bawah sadar Anda menggabungkan dan menelusurinya sebagai “file” untuk menghasilkan “tautan” yang mengaitkan tindakan tersebut dengan pengalaman yang menyakitkan. Ini bisa berkisar dari sesuatu yang agak tidak nyaman hingga sesuatu yang menyakitkan secara fisik. Meskipun Anda secara sadar ingin melakukan sesuatu, ketidaksadaran Anda akan mencegah Anda karena rasa sakit itu terkait dengan tindakan tersebut. Sebagai manusia, kita secara otomatis meraih kenyamanan dan hampir secara otomatis akan meraih apa pun yang terasa nyaman pada saat itu. Inilah sebabnya mengapa Anda sering menunda-nunda tugas-tugas yang terasa tidak menyenangkan pada saat itu meskipun itu akan berarti lebih banyak kesenangan di masa depan.

Belajar untuk melawan kebutuhan akan kenyamanan inilah yang menciptakan semua pertumbuhan yang diperlukan bagi Anda untuk benar-benar membuahkan hasil. Saat Anda mulai melihat penundaan sebagai berkah terselubung; Anda dapat mulai menggunakannya dan merangkul wawasan perilaku yang dimilikinya untuk Anda. Penundaan mengungkapkan ketakutan Anda dan, secara sengaja, memberi Anda perlawanan yang diperlukan untuk berkembang dan tumbuh dalam kapasitas Anda untuk melewati ketakutan Anda dan menciptakan hal-hal yang benar-benar Anda inginkan untuk hidup Anda. Kualitas hidup Anda berbanding lurus dengan jumlah “ketidaknyamanan” yang dapat Anda tangani dengan nyaman. Penundaan juga dapat menjelaskan tujuan yang paling Anda hargai, karena perhatian Anda terhadap penundaan menunjukkan bahwa sebagian dari Anda cukup peduli untuk khawatir.

Dikatakan bahwa pertama kita membentuk kebiasaan kita dan kemudian kebiasaan kita membentuk kita. Ini juga berlaku untuk kebiasaan pikiran dan penundaan sering kali memanifestasikan dirinya sebagai pola kebiasaan berpikir. Pikiran Anda mengarah dan membantu menciptakan tindakan Anda. Seperti pola terukir pada rekaman, perilaku Anda akan “memainkan nada yang sama” setiap saat. Asosiasi Anda dengan rasa sakit dan kesenangan memainkan peran penting dalam perilaku kebiasaan Anda karena hal itu menentukan apa yang akan atau tidak akan Anda lakukan. Dengan pengulangan Anda membentuk pola kebiasaan berpikir yang akan menyebabkan Anda secara otomatis bertindak atau menarik diri dengan cara tertentu ketika pola kebiasaan Anda terpicu.

Menyadari hubungan Anda dengan rasa sakit dan kesenangan sangat penting dalam menangani akar penyebab penundaan. Ada banyak solusi simptomatik yang tidak akan memberikan hasil yang langgeng. Meskipun Anda harus menggunakan kemauan Anda pada awalnya, tujuan Anda adalah membangun kembali asosiasi Anda dengan mereka